Thursday 5 December 2019

KOPI LAMPUNG - Keistimewaan Kopi Robusta Yang Mendunia


Pecinta Kopi
Kopi Lampung
Kopi Sumatra memiliki cita rasa yang manis dan bersih. Biji kopi ini mengeluarkan rasa perpaduan antara tanah dan rempah yang tentunya adalah suatu karakteristik yang unik dari biji kopi Sumatra sehingga menempatkan kopi Sumatera sebagai salah satu dari kopi yang paling dicari di antara beragam jenis kopi yang ada di dunia. Proses pengolahan kopi Sumatra umumnya diproses secara kering (dry-processed) dan sebagian lagi melalui proses pencucian ringan (semi-washed).

Salah satu dari berbagai varian kopi yang tumbuh di Sumatera yaitu Kopi lampung, Kopi Lampung menjadi salah satu jenis Kopi Robusta yang berasal dari Indonesia yang sudah cukup dikenal para Pecinta Kopi dari dalam dan luar negeri dengan tekstur paling halus, cita rasa paling berat dan kompleks diantara berbagai kopi di dunia.

Lampung merupakan penghasil kopi robusta terbesar di Indonesia, kopi robusta mendominasi 80%
Pecinta Kopi
Kopi Lampung
dari hasil perkebunan kopi Lampung serta memasok hampir 70% dari pasokan kopi robusta di Indonesia dengan produksi sekitar 140.000 – 150.000 ton per tahun. Pusat Perkebunan Kopi Robusta terbesar dan terbaik di Provinsi Lampung terletak di sekitar lembah Gunung Tanggamus yang memiliki tekstur tanah yang subur dan cocok bagi pertumbuhan kopi jenis Robusta. Tanggamus adalah salah satu kabupaten yang namanya diambil dari nama Gunung Tanggamus yang memiliki ketinggian 2.100 Meter atau sekitar 6.800 kaki.

Kopi Robusta Lampung memiliki ciri khas, yaitu warnanya lebih hitam pekat, citarasa pahit beraroma cokelat dengan kekuatan wangi-wangian pahitnya dikarenakan kandungan kafein paling tinggi, serta sedikit rasa asam. Kopi Lampung juga terasa lebih nikmat dan berbau kuat karena dalam pengerjaan pemupukan tidak menggunakan pupuk kimia dan pestisida, tetapi memanfaatkan daun-daun kopi dan rerumputan yang jatuh dan tumbuh di bawahnya, dan sesekali menggunakan pupuk kotoran hewan. Pada tahun 2009, Kopi Lampung Barat meraih juara satu nasional dengan klasifikasi kwalitas biji kopi terbaik.
Pecinta Kopi
Kopi Lampung

Kopi lampung ini dikenal dan banyak diminati para pecinta kopi di negara-negara antara lain Amerika Serikat, Belgia, Armenia, Bulgaria, Jepang, Jerman, Malaysia, Maroko, Hongkong, Mesir, India,Inggris, Italia, Singapura, Rusia, Yunani, Portugal dan lainnya.

Budidaya Kopi lampung sudah mulai dilakukan sejak tahun 1900 yang lalu, sehingga tidak mengherankan jika kopi Lampung mampu bersaing dengan kopi-kopi robusta lain di dunia. Kawasan perkebunan kopi lampung terbesar berada di area Lampung Barat, yakni seluas 53.611 Ha.

1 comment:

  1. Kopi Lampung punya sensasi rasa yang sangat kuat dan khas.. I love it!

    ReplyDelete