Thursday 5 December 2019

Mengenal Keistimewaan Cita Rasa Kopi Manggarai

Mengenal Keistimewaan Cita Rasa Kopi Manggarai
Kopi Manggarai
Bagi para Pecinta kopi, minum kopi lebih dari sekedar menikmati aroma dan rasa kopi saja, karena kopi merupakan salah satu minuman yang mempunyai cita rasa aroma dan sensasi kenikmatan tersendiri. Selain itu diketahui pula bahwa kopi memiliki khasiat untuk kesehatan. Kita sangat beruntung tinggal di Indonesia karena terdapat berbagai macam jenis kopi dari berbagai daerah yang memiliki berbagai karakter dan cita rasa. Salah satu daerah yang menghasilkan kopi kelas dunia yaitu Manggarai yang terletak di pulau Flores Nusa Tenggara Timur. Daerah ini menghasilkan 2 macam kopi yaitu Arabica dan Robusta Manggarai.
Mengenal Keistimewaan Cita Rasa Kopi Manggarai
SIG – KAFM
Pada tanggal 26 April 2018, Kopi Arabika Flores Manggarai akhirnya ditetapkan sebagai penerima Sertifikat Indikasi Geografis Kopi Arabika Flores Manggarai (SIG – KAFM) menjadi salah satu produk kopi dari 22 produk yang berasal dari berbagai daerah penghasil kopi di Indonesia yang mendapatkan perlindungan indikasi geografis dan launchingnya dilakukan di halaman Kantor Bupati Manggarai pada hari Kamis 31 Mei 2018. Dengan adanya Sertifikasi indikasi geografis tersebut membuat kopi arabika Flores Manggarai dapat diekspor dengan menggunakan nama sendiri setelah sebelumnya diekspor di bawah brand Kopi Arabika Flores Bajawa yang sebelumnya sudah mendapat sertifikat indikasi geografis pada tahun 2012.

Kopi jenis Arabika dan Robusta yang berasal dari Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur ini dinobatkan sebagai kopi terbaik Indonesia pada tahun 2015 dengan menggeser peringkat kopi Jambi yang menyabet penghargaan tersebut tahun sebelumnya. Kopi Manggarai jenis arabika memperoleh akumulasi nilai 87.52, sedangkan jenis robusta memperoleh nilai 89.03. Penetapan kopi Manggarai sebagai kopi terbaik Indonesia 2015 tersebut merupakan hasil kontes ketujuh kopi spesialti Indonesia yang berlangsung di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Kontes ini diselenggarakan secara tahunan oleh Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia, serta Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Jember.
Mengenal Keistimewaan Cita Rasa Kopi Manggarai
Kopi Manggarai
Selain meraih penghargaan sebagai kopi terbaik Indonesia, kopi Manggarai juga meraih penghargaan dalam ajang AVPA Gourmet Product di Paris, Prancis, 23 Oktober 2018.

Wilayah penanaman kopi manggarai terbesar adalah di daerah Perkebunan Manggarai, Manggarai Barat, dan Manggarai Timur dan tumbuh di tempat yang sangat strategis, yaitu kondisi geografis yang kering dan terletak di dataran tinggi serta mendapatkan pengaruh angin Australia yang mempengaruhi karakteristik dan cita rasanya. Keunikan cita rasa kopi Manggarai jenis Arabika terletak pada rasa asamnya yang murni, mempunyai rasa lemon serta aromanya wangi. Sedangkan dari jenis Robustanya juga memiliki karakteristik cita rasa yang khas, mengandung mint, halus, serta mempunyai karakter netral.

Beberapa karakteristik yang terdapat pada Kopi Arabica Manggarai yaitu :

Mengenal Keistimewaan Cita Rasa Kopi Manggarai
Kopi Manggarai
1. Karakteristik Cita Rasa yang terletak pada rasa asamnya yang murni dipadu dengan rasa lemon dengan aroma coklat yang kuat.

2. Ukuran Biji Kopi Lebih Besar dengan warna yang lebih berkilau dibandingkan jenis kopi yang lainnya.  Kopi Arabika jenis ini  ini adalah salah satu specialty coffee dengan nilai jual lebih tinggi dibanding jenis kopi yang lainnya serta cakupan pasarnya lebih luas.

3. Memiliki Kualitas Kopi Premium Kelas Dunia dan telah banyak diekspor ke berbagai negara di dunia.

4. Memiliki Kandungan Kafein Yang Lebih Rendah yaitu sekitar 0.8-1.5%. Sehingga rasa kopi Arabika Manggara tidak terlalu pahit serta lebih aman diminum.

5. Memiliki Tingkat Kekentalan Yang Khas jika di proses dengan proses medium roasting dengan kepekatan rasa dan tingkat keasaman lidah atau acidity yang sangat tinggi.

Kopi Arabika Manggarai ini juga memiliki 2 varian, yaitu Arabika Yellow Caturra dan Arabika Juria. Kopi Arabika Manggarai jenis Yellow Caturra memiliki cita rasa asam citrus dengan bodi medium serta smooth. Sedangkan kopi Arabika Manggarai jenis Juria ada aroma floralnya disamping selain cita rasa asam citrus, bodi medium dan smooth.










No comments:

Post a Comment