Wednesday 31 January 2018

BARISTA - Seniman Di Balik Nikmat dan Seni Minuman Kopi

Pecinta Kopi
Barista
Barista berasal dari bahasa Italia sebutan bagi seorang bartender, baik pria atau wanita yang bertugas menyiapkan dan menyajikan minuman beralkohol ataupun non alkohol, termasuk kopi berbasis espresso kepada para pelanggan. Di Amerika Serikat, kata Barista ditujukan bagi pelayan kedai kopi yang menyajikan minuman baik kopi espresso maupun kopi biasa, walaupun kata Barista secara tehnis diberikan kepada seseorang yang telah terlatih secara profesional dan memiliki level yang tinggi dalam keahlian untuk meracik berbagai kopi yang melibatkan berbagai campuran dan rasio seperti latte atau cappuccino. 

Pada umumnya barista bekerja di kedai kopi, bar kopi atau coffee shop dan biasanya mengoperasikan mesin-mesin espresso komersial yang cenderung rumit dengan tugas mengukur seberapa besar suhu dan tekanan yang diperlukan untuk membuat espresso, karena espresso dikenal sebagai minuman yang lebih rumit proses pembuatannya, sehingga untuk membuat espresso secara manual pun harus memiliki keterampilan tersendiri.
Kemudian barista juga meracik dan menyiapkan minuman yang memakai campuran susu, seperti cappuccino atau latte, yang penyajiannya bukan hanya sekadar mencampurkan susu ke dalam espresso saja, tapi membutuhkan keterampilan dan keahlian dalam meramu, merinci apakah susunya harus di froth, di steam atau di foam terlebih dulu sebelum akhirnya memberikan sentuhan akhir pada minuman tersebut seperti yang sekarang dikenal dengan latte art.
Pecinta Kopi
Barista
Walaupun barista bisa memperoleh keterampilan mereka dengan mengikuti kursus pelatihan barista seperti yang telah banyak dilakukan, mereka juga dapat mempelajari pekerjaan tersebut dari pegawai yang lebih senior. Banyak barista yang sangat bangga dengan kemampuan mereka dan menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk mengasah teknik khusus untuk menghasilkan minuman yang sempurna. Kecenderungan dan keinginan untuk memperbaiki ketrampilan seseorang menyebabkan terjadinya kompetisi barista baik lokal maupun internasional. Kompetisi barista yang dilakukan secara resmi berasal dari Norwegia, kompetisi barista yang paling terkenal dan dihargai sekarang adalah Kejuaraan Barista Dunia ( World Barista Championships / WBC), mirip seperti Olimpiade, diselenggarakan di negara yang berbeda setiap tahunnya. Kompetisi ini berfokus dalam mempromosikan dan mengajak orang untuk terlibat dalam kejuaraan kopi dunia. Setiap barista mewakili negara mereka menyiapkan serangkaian minuman espresso, minuman susu, dan minuman khas yang akan dinilai berdasarkan kualitas dan rasa. Persiapan untuk itu merupakan bagian yang sangat penting dari kompetisi ini dan disini para barista akan mampu menunjukkan keahlian mereka dalam seni meramu dan menyajikan minuman kopi.
Sejak tahun 2007 di Indonesia juga telah diadakan "Kompetisi Barista Indonesia" (Indonesian Barista Competition) yang diselenggarakan oleh "Asosiasi Spesialis Kopi Indonesia" (Specialty Coffee Association of Indonesia). Pemenang kompetisi tersebut akan mendapatkan kesempatan untuk mewakili Indonesia di kompetisi serupa tingkat Asia. Selanjutnya pemenang tingkat Asia akan berkompetisi kembali di tingkat dunia yaitu di "Kejuaraan Barista Dunia" (World Barista Championship). Beberapa nama barista Indonesia yang cukup terkenal karena berhasil menjuarai kompetisi - kompetisi tersebut adalah Yoshua Tanu (Common Grounds Coffee), Ryan Wibawa (Starbucks Coffee), Harrison Chandra (Ottoman's Coffee), dan Restu Sadam Hassan (Hungry Bird Coffee Roaster).
Kompetisi lain yang juga pernah diadakan oleh Asosiasi Spesialis Kopi Indonesia adalah Indonesia Brewers Cup  yang menyoroti kerajinan penyaring kopi, dimana kompetisi tersebut dikhususkan untuk kompetisi alat seduh manual, contohnya Hario V60.
Pecinta Kopi
Barista

(Sumber : en.wikipedia.org dan berbagai sumber lainnya)
Selain keterampilan dalam menyiapkan espresso secara manual, beberapa barista dikenal memiliki spesialisasi seperti seni latte, pemasakan kopi, pengetahuan kopi yang mendalam atau kopi dengan minuman dingin, salah satu misal yaitu anda mungkin pernah melihat pola daun dan hati di atas susu dan minuman espresso, ini adalah salah satu bentuk kreativitas barista yang tidak mudah dilakukan.

No comments:

Post a Comment